Monday, March 19, 2012

Pilkada DKI 2012

Bursa Pilkada DKI 2012 diramaikan oleh Joko Widodo - Jokowi (Walikota Solo) yang diusung  PDIP dan Gerindra dengan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Saat ini Fraksi PDIP memiliki 11 kursi di DPRD, dan Gerindra 6 kursi. Jumlah ini memenuhi syarat untuk mengusung calon Gubernur yaitu minimal memiliki 15 kursi di DPRD atau harus didukung 407.340 KTP bila melalui jalur independen.

Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) adalah kader Partai Golkar sehingga Ahok akan segera pamitan dengan partainya. "Besok, besok, saya akan pamitan ke partai," ujar Ahok usai menyerahkan berkas pendaftaran di KPU DKI, Jl Budi Kemulyaan, Menteng, Jakarta, Senin (19/3/2012).

Aburizal Bakrie, Ketum Partai Golkar, meminta Ahok mengundurkan diri dari jabatan struktural dan DPR. ""Ada satu aturan dalam partai Golkar kalau dia mencalonkan diri di luar partai Golkar maka yang bersangkutan harus mengundurkan diri dari jabatan struktural dalam partai maupun jabatan dalam DPR," ujar Ical.

Partai Demokrat (PD) dengan dukungan PAN, Hanura, PBB, PDS, dan sejumlah ormas  memilih pasangan Fauzi Bowo dan Nachrowi Ramli - Ketua DPD PD DKI - (Foke-Nachrowi) untuk Pilkada DKI 2012 ini. "Kami yakin Foke dan Nara (Nachrowi) akan dapat dukungan luas dari rakyat di Jakarta. Insya Allah siap berkompetisi dengan fair dan demokratis dan dipercaya untuk memimpin Jakarta 5 tahun ke depan," jelas Ketum PD, Anas Urbaningrum, Senin (19/3/2012).

Pasangan Calon Gubernur - Wakil Gubernur DKI yang lain adalah Alex Noerdin-Nono Sampono, pasangan independen Faisal Basri-Biem Benyamin dan Hendardji Soepandji-Ahmad Riza yang masih menunggu verifikasi.

KPU DKI akan melakukan pemeriksaan berkas tanggal 20-26 Maret 2012 dan hasil verifikasi akan diumumkan pada 27 Maret untuk memberikan waktu perbaikan berkas. Masa kampanye cagub-cawagub DKI Jakarta adalah 24 Juni-7 Juli 2012. Selanjutnya pada tanggal 11 Juli 2012 pilkada DKI Jakarta digelar.

Mana calon gubernur DKI pilihan anda?

No comments:

Post a Comment

Disclaimer:

This is a personal web site. Statements on this site do not represent the views or policies of my company.