Thursday, March 22, 2012

Bali: Nyepi 23 Maret 2012

SELAMAT MERAYAKAN HARI RAYA NYEPI TAHUN BARU CAKA 1934

Semua pantangan ini dilakukan untuk mengekang hawa nafsu dan segala keinginan jahat sehingga dicapai suatu ketenangan atau kedamaian batin. Dengan ini pikiran manusia bisa terintropeksi atas segala perbuatannya pada masa lalu dan pada saat yang sama memupuk perbuatan yang baik untuk tahun berikutnya. Semua ini dilakukan selama satu hari penuh pada hari raya nyepi.

Catur Bratha Penyepian.
1. amati geni (tidak menyalakan api)
2. amati karya (tidak bekerja)
3. amati lelungan (tidak bekerja)
4. amati lelanguan (tidak melakukan kegiatan hiburan).

Bali akan sunyi senyap pada Nyepi 23 Maret 2012.

Lampu Penerang Jalan (LPJ) dibeberapa titik di Denpasar yang biasa menyala secara otomatis pada malam hari mulai dipadamkan. Demikian juga dengan lampu iklan ukuran besar seperti di papan bilboard.

Aktivitas penerbangan di Bandara Ngurah Rai ditutup sejak pukul 06.00 wita, Jumat (23/3/2012) hingga pukul 06.00 Wita, Sabtu (24/3/2012). General Manager PT Angkasa Pura I Ngurah Rai Purwanto mengatakan, selama Nyepi berlangsung, sebanyak 220 penerbangan domestik dan internasional dihentikan sementara. Penerbangan menuju dan dari Bali dihentikan selama 24 jam.

Pelabuhan menuju Bali juga ditutup selama 24 jam. Enam pelabuhan di Bali yang ditutup adalah Pelabuhan Gilimanuk, Padangbai, Benoa, Celukan Bawang, Tanah Ampo, dan Klungkung-Nusa Penida. Pelabuhan Gilimanuk dan Padangbai ditutup sejak Jumat (23/3) pukul 05.30 Wita. Pelabuhan Ketapang (Banyuwangi) ditutup mulai pukul 23.00 Wib, Kamis (22/3/2012). Manajer ASDP Gilimanuk Ospar Silaban mengatakan pelabuhan penyeberangan Gilimanuk dibuka pukul 04.00 Wita, Sabtu (24/3/2012).

Semua media elektronik baik TV, radio, TV berjaringan, TV kabel dan TV berlangganan di Bali diimbau untuk tidak siaran. Hal ini dilakukan dengan maksud menjaga kekhusukan dalam melaksanakan penyepian. "Imbauan ini untuk menjunjung tinggi nilai dan kearifan lokal, ini yang kami lakukan sebagai lembaga penyiaran," kata Ketua Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Bali Komang Suarsana, kepada wartawan ditemui di kantor KPID jl Cok Agung Tresna Denpasar, Jumat (16/3/2012). Imbauan untuk tidak siaran ini dilakukan mulai hari Jumat 23 Maret 2012 dari pukul 06.00 Wita sampai Sabtu 24 Maret 2012 pukul 06.00 Wita. Jika nanti ada stasiun TV maupun siaran radio yang tetap nekat merelay siarannya, maka hal itu kata Komang akan menjadi catatan tersendiri bagi KPID dalam melakukan penilaian terhadap stasiun TV maupun radio yang bersangkutan.

Rencananya, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) akan menghadiri Acara Dharma Santi yang digelar tanggal 20 Maret 2011 di GOR Ahmad Yani, Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur. Tema acara adalah 'Melalui Tapa Brata Penyepian Kita Wujudkan Kehidupan yang Harmonis dan Sejahtera'.

Sumber/ referensi : detik.com

No comments:

Post a Comment

Disclaimer:

This is a personal web site. Statements on this site do not represent the views or policies of my company.